MAKANAN dan MINUMAN YANG MEMBUAT ANDA TIDUR NYENYAK





Apa yang anda rasakan ketika baru bangun tidur? Apakah anda merasa bugar setelah bangun dari tidur? Apabila anda merasakan badan terasa pegal, badan lelah atau tidak bugar, mata ingin terus terpejam, maka dapat dipastikan bahwa tidur anda tidak nyenyak. Nah, pada kali ini saya akan membagikan tips bagaimana anda dapat tidur dengan nyenyak meskipun anda tidak tidur selama 8 jam. Apa rahasia tidur nyenyak? Berikut ulasannya. Selamat Membaca J

Makanan dan minuman dibawah ini dapat merelaksasikan otot yang tegang, menenangkan pikiran dan mengaktifkan hormon untuk membantu anda tidur, yaitu hormon serotonin dan melatonin. Berikut beberapa daftar makanan dan minuman yang bisa membuat anda tidur nyenyak :




1.          PISANG

Pisang seperti obat tidur alami. Selain mengandung melatonin dan serotonin dalam jumlah kecil, pisang juga mengandung magnesium, bahan yang dapat merangsang relaksasi otot.


2.         TEH CHAMOMILE

Teh Chamomile mempunyai efek penenang yang bisa menurunkan stress fisik maupun mental, dimana teh ini sangat baik untuk dikonsumsi pada saat sebelum tidur.


3.         SUSU HANGAT

Banyak yang menyatakan bahwa minum susu hangat dimalam hari dapat membuat tidur kita lebih nyenyak adalah mitos. Namun ternyata ini bukan mitos dan segelas susu hangat sebelum tidur dapat membuat tidur anda nyenyak. Kenapa bisa begitu? Ya, karena didalam susu hangat terdapat kandungan tryptophan , yaitu asam amino yang mempunyai efek sedatif dan kalsium yang membantu otak untuk menggunakan tryptophan agar kita bisa tidur nyenyak.

4.         MADU

Tambahkan satu sendok madu didalam susu atau teh anda. Gula bisa meningkatkan energi, tetapi dalam jumlah yang sedikit, gula bisa memberitahu otak anda untuk menurunkan kinerja orexin, yaitu neurotransmitter yang berhubungan dengan kesadaran anda.

5.         KENTANG

Sedikit kentang rebus atau kentang panggang dalam porsi yang tidak banyak dimalam hari tidak akan menaikkan berat badan anda. Kentang dapat membersihkan asam yang bisa mengganggu kinerja tryptophan didalam tubuh kita.

6.         OATMEAL

Mengkonsumsi oatmeal sebelum tidur adalah jalan tercepat menuju tidur, karena oatmeal dapat merangsang produksi melatonin didalam tubuh pada malam hari.


7.         KACANG ALMOND

Kacang almond adalah kacang yang baik bagi kesehatan jantung. Selain itu, kacang almond juga dapat membantu tidur anda lebih nyenyak karena mengandung tryptophan dan magnesium.


8.         ROTI GANDUM (WHOLE WHEAT BREAD)

Sepotong roti gandum dan teh akan merangsang insulin didalam tubuh anda yang berguna untuk membantu kinerja tryptophan untuk bereaksi di otak. Dimana tryptophan akan diubah menjadi serotonin yang memberitahu otak anda untuk tidur.


Apa ada produk TIENS yang dapat membantu tidur kita lebih nyenyak?

Ada beberapa produk dari TIENS yang dapat membantu kita supaya tidur lebih nyenyak, yaitu :

1.    Nutrient High Calcium Powder (NHCP)

Kandungan pada susu hangat yaitu tryptophan juga dimiliki pada NHCP. NHCP adalah jenis kalsium asam amino dan kandungan kalsium yang ada pada NHCP sangat tinggi, jadi selain dapat membantu otak untuk membuat kita tidur lebih nyenyak, NHCP juga dapat membantu proses pemadatan tulang yang bermanfaat dalam proses pertumbuhan tubuh atau tinggi badan.

2.    Jiang Zhi Tea

Kandungan yang terdapat didalam teh Jiang Zhi Tea ini juga berkhasiat dalam membuat tidur kita lebih nyenyak, sehingga pada saat bangun tidur meskipun jam tidur kita kurang dari 8 jam, tubuh kita tetap terasa segar dan bugar. Teh inilah yang selalu menemani saya pada malam hari pada saat menulis artikel-artikel yang ada diblog ini J.

3.    Renuves Capsules
Kandungan pada Renuves Capsules ini kurang lebih hampir sama dengan kandungan yang ada pada Jiang Zhi Tea, namun produk ini memiliki peran yang tidak kalah penting pada saat kita tidur. Bukan hanya membuat anda tidur nyenyak saja, melainkan produk ini juga dapat menambah kadar oksigen didalam darah serta melapangkang saluran pernafasan pada saat kita tidur, sehingga bagi anda yang tidur mendengkur (ngorok), bengek karena asma, mengidap sinusitis, dan masalah pernafasan lainnya dapat mengkonsumsi produk ini.

Semoga dengan apa yang saya sharing kan berdasarkan pengalaman dan buku yang saya baca, akan memberikan manfaat untuk para pembaca sekalian untuk bisa tidur nyenyak J

Sumber : Buku Serba-Serbi Kesehatan (Sekar T.R)

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Tinggi Badan di Pagi hari dan di Malam hari

Hal Yang Mempengaruhi Absorpsi Kalsium

UPDATE HARGA TERBARU