PERAN PENTING KALSIUM



Kalsium sering kita dengar di iklan produk makanan, minuman, es krim, yoghurt, biskuit, bahkan pasta gigi. Semua mengklaim produk mereka memiliki kalsium paling tinggi. Namun selama ini kita hanya mengetahui peran kalsium hanya untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Berikut saya akan membagikan informasi penting mengenai peran penting kalsium dalam kehidupan kita sehari-hari.

Kalsium adalah mineral yang banyak terdapat pada berbagai makanan. Asupan kalsium yang memadai sangat penting karena tubuh tidak dapat memproduksi kalsium. Selain penting dalam pembentukan dan mempertahankan kekuatan tulang, kalsium juga dibutuhkan untuk berbagai fungsi antara lain oleh jantung, otot, dan saraf agar bisa berfungsi dengan baik.

Setelah mencapai puncak pertumbuhan tulang, asupan kalsium yang memadai tetap penting. Sebab, setiap hari tubuh mengeluarkan kalsium melalui kulit, kuku, rambut, urine dan feses. Kehilangan kalsium harus diganti melalui makanan dan supplemen kalsium. Bila pola makan tidak cukup mengandung kalsium, tubuh akan mengambil kalsium dari tulang.

Menurut ferina Darmini DCN, ahli gizi di Rumah Sakit dr.Cipto Mangunkusumo, anjuran kecukupan kalsium orang Indonesia dewasa adalah 600 mg per hari. Jumlah ini lebih rendah dari anjuran yang dikeluarkan oleh National Osteoporosis Foundation, yaitu 1.000-1.200 mg per hari. Perbedaan ini disebabkan oleh pola makan dan lingkungan. Konsumsi protein orang Indonesia lebih rendah dari orang Barat. Berbeda dengan di negara-negara  empat musim, di Indonesia sinar matahari melimpah sepanjang tahun.

Sebagai catatan, makanan yang merupakan sumber kalsium adalah :

Kelompok Sayuran :
- Bayam
- Bok Choy
- Kembang Kol
- Brokoloi
- Biji Wijen

Kelompok Susu :
- Susu tanpa lemak (non-fat)
- Keju
- Yoghurt
- Es krim

Kelompok ikan :
- Ikan teri
- Sarden
- Ikan Asin (dengan tulang)

Kelompok Kacang :
- Semua jenis kacang-kacangan
- Kedelai
- Tahu
- Tempe
 

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Tinggi Badan di Pagi hari dan di Malam hari

Hal Yang Mempengaruhi Absorpsi Kalsium

UPDATE HARGA TERBARU