BAHAYA LEMAK TRANS TERHADAP PROSES PERTUMBUHAN TINGGI BADAN dan KESEHATAN




Kata lemak sudah tidak asing lagi bagi kita. Namun apakah kita pernah mendengar LEMAK TRANS? Apakah Lemak TRANS sama dengan lemak biasa?Apakah makanan yang kita konsumsi sehari-hari mengandung lemak trans?Apakah lemak trans berbahaya bagi kesehatan kita? Semua pertanyaan diatas akan kami bahas dalam artikel ini terutama kaitan lemak trans dengan terhambatnya pertumbuhan tinggi badan dan bahaya untuk tulang.
Lemak TRANS merupakan minyak yang diolah melalui proses hidrogenesis parsial (dengan menambahkan hidrogen kedalamnya). Proses hidrogenesasi parsial dilakukan pada industri pangan untuk membuat margarin. Jadi produk-produk seperti mentega atau susu mengandung lemak trans dalam jumlah 2-5%.Lemak Trans juga banyak dijumpai pada makanan cepat saji atau fastfood dan gorengan. 


Apakah Lemak Trans sama dengan Lemak Biasa?

Setiap produk pangan selalu memiliki kandungan lemak. Selain lemak dari bahan bakunya sendiri (olahan daging) juga dari bahan lain, seperti minyak ataupun lemak semi-padat (margarin) yang digunakan untuk menggoreng. Lemak yang dikandung pada minyak / margarin merupakan trigliserida yang tersusun atas lemak jenuh (saturated fat) dan lemak tak jenuh.

Apakah Lemak Trans Berbahaya?

Lemak Trans dianggap lebih bahaya daripada lemak jenuh, sebab dicurigai berperan cukup penting dalan meningkatkan kolesterol darah secara progresif. Studi-studi tahun 1980-an menunjukkan orang Skandinavia yang banyak mengkonsumsi lemak jenuh tinggi memiliki insiden penyakit jantung koroner yang lebih rendah dibandingkan orang-orang Amerika yang meski mengkonsumsi lemak jenuh lebih rendah, namun tingkat konsumsi lemak trans-nya tinggi.

Apakah mengkonsumsi lemak TRANS dapat berpengaruh terhadap tinggi badan?

Penelitian para riset TUFTS UNIVERSITY mengatakan , lemak trans juga tidak baik untuk tulang. Ini disebabkan proses kimia hidrogenesi yang membantu mengawetkan minyak, mempengaruhi vitamin K, nutrisi dalam minyak sayur yang sehat, yang diduga berperan dalam pembentukan tulang.

Dalam penelitian, ilmuwan memberikan makan 15 orang dengan makanan-makanan rendah vitamin K selama 15 hari untuk mengosongkan cadangan vitamin K didalam tubuh.

Lalu melengkapi diet mereka dengan vitamin K reguler dan vitamin K hidrogenesi.
10 Hari kemudian, kelompok yang diberi vitamin K hidrogenesi menunjukkan adanya perusakkan tulang dalam tingkat yang lebih tinggi dan tingkat perbaikan yang lebih rendah dan efeknya juga berkaitan dengan resiko kehilangan massa tulang. Pada saat massa tulang mulai berkurang, disaat itulah proses pertumbuhan menjadi terhambat


Apa saja jenis makanan yang mengandung LEMAK TRANS?

- Kentang Goreng (french fries)
- Breaded Fish Burger
- Breaded Chicken Nuggets
- Enchilada
- Burrito
- Pizza
- Snack Kemasan
- Tortilla (corn) Chips
- Popcorn (microwave)
- Granola Bar
- Produk Bakery
- Pie
- Donat
- Cookies
- Cake
- Brownies
- Muffin 
- Margarin
- Vegetable Shortening 
- Pancakes
- Crackers
- Chocolate Bar 
- Peanut Bar 

Sumber Daftar Makanan Mengandung Lemak Trans : 

Mozaffarian et.al. New Eng. J. Med. 354:1601 (2006)



Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Tinggi Badan di Pagi hari dan di Malam hari

Hal Yang Mempengaruhi Absorpsi Kalsium

UPDATE HARGA TERBARU