Makanan Penangkal Jerawat



Jerawat merupakan salah satu masalah yang pernah dialami oleh hampir semua wanita. Penyebabnya pun bermacam-macam, tak cuma urusan kebersihan tapi juga ketidakseimbangan hormon.

Ya, hormon yang tidak seimbang dalam tubuh wanita dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Salah satunya kelebihan hormon androgen (hiperandrogen), yang merupakan hormon khas pria.

Hanya terdapat 1 persen hormon androgen bebas pada tubuh wanita. Ketika angka ini meningkat, bisa memicu terjadinya berbagai masalah kesehatan. Salah satunya adalah jerawat.
Selain hormon yang tidak stabil, jerawat bisa ditimbulkan dari makanan yang biasanya kita konsumsi serta pola diet yang salah.

Ahli dermatologi Elliott Weiss, MD, dari Laser and Skin Surgery Center di New York mengungkapkan bahwa pola diet yang salah bisa berpengaruh buruk pada kesehatan tubuh dan kesehatan kulit. "Diet bisa menyebabkan kulit Anda berjerawat. Jerawat lebih banyak muncul ketika seseorang melakukan Western Diet yang mengkonsumsi daging merah dan gula”, jelasnya.

Untuk menghindari timbulnya jerawat, Weiss menyarankan agar memilih makanan jenis diet yang sesuai dengan kondisi tubuh. Pada saat melakukan program diet, pilihlah pola diet yang sehat agar tubuh memiliki asupan vitamin dan mineral yang seimbang dan hindari terlalu banyak mengkonsumsi permen, makanan manis, susu tinggi lemak dan biji-bijian olahan,”sarannya.

Perubahan pola diet, menggunakan obat-obatan, dan berbagai teknik perawatan kecantikan, tidak langsung menyembuhkan jerawat. Sifatnya hanya membantu. Cara terbaik dalam mengatasi timbulnya jerawat salah satunya dengan mengkonsumsi makanan berikut,

1.    Rempah-rempah

Tambahkan konsumsi rempah-rempah seperti cabe rawit dan biji cabe didalam menu makanan anda ketika wajah mulai berjerawat karena hal ini dianggap sebagai salah satu bahan yang bisa mengatasi jerawat. Apabila tidak terlalu suka dengan makanan pedas, anda juga bisa mengkonsumsi jenis daun aromatik seperti thyme, rosemary dan daun mint.

2.    Sayuran yang mengandung banyak air

Mentimun merupakan jenis sayuran yang memiliki kandungan air yang berguna untuk menjaga kelembaban kulit, menghilangkan racun dan kotoran dari kulit. Efek lain yang dimiliki timun yaitu efek mendinginkan kulit dan meredakan radang karena jerawat. Selain timun, sayuran seperti wortel dan kentang bagus untuk detoksifikasi tubuh dan kulit, karena  kaya akan vitamin A.

3.    Tiram

Kandungan zat seng dalam tiram bisa membantu mengontrol hormon penyebab jerawat. Selain itu dapat membantu tubuh meningkatkan penyerapan vitamin A dari makanan lainnya untuk meremajakan kulit dan menghilangkan jerawat.


4.    Yogurt

Kandungan probiotik yang ada didalam yogurt bisa membantu melancarkan pencernaan dan mengatasi jerawat. Probiotik menghambat perkembangan bakteri penyebab jerawat. Konsumsi yogurt 1-2 kali sehari dan kombinasikan dengan buah-buahan yang mengandung kalium seperti pisang.

5.    Dark Chocolate

Asupan gula sangat diperhatikan tubuh untuk metabolisme. Namun, asupan makanan manis seperti permen juga bisa jadi masalah untuk kulit. Konsumi dark chocolate lebih baik daripada mengonsumsi permen atau gula buatan. Coklat murni mengandung antioksidan yang mampu melindungi kulit dan tubuh dari radikal bebas.

6.    Perbanyak minum air putih

Air bermanfaat untuk tubuh menghilangkan racun dan tetap menjaga kelembaban kulit dari dalam. Jika bosan megonsumsi air putih, tambahkan perasan jeruk nipis atau jeruk lemon kedalamnya agar terasa lebih segar.

Sumber :


Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Tinggi Badan di Pagi hari dan di Malam hari

Hal Yang Mempengaruhi Absorpsi Kalsium

UPDATE HARGA TERBARU