Cara Ampuh Atasi Insomnia




Sudah diatas jam 12 malam tapi ga bisa tidur? Permasalahan ini memang tidak sedikit orang yang memiliki masalah sulit tidur, tidur nyenyak hingga pagi, atau merasa segar setelah bangun tidur. Semua ini adalah gejala insomnia. 
Banyak hal yang bisa menjadi penyebab insomnia, diantaranya stres, konsumsi obat-obatan, ruangan tidak nyaman, sakit dan sebagainya.
Tapi, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah tidur ini.

1. Biarkan tubuh terkena sinar mataharai pagi


Waktu yang tepat untuk bangun adalah saat matahari mulai terbit. Sinar matahari akan mengatur jam tubuh Anda, termasuk mengatur munculnya hormon tidur seperti melatonin, yang akan mengantar Anda untuk tidur di malam hari.
Bangunlah setiap pagi secara rutin di waktu yang sama, tanpa harus berpikir “sekarang hari apa?” “saya sudah tidur berapa jam?” Setelah itu, pergilah ke luar rumah, sekedar untuk jalan-jalan di bawah sinar matahari pagi ataupun membeli cemilan dipagi hari. Lakukan ini setidaknya selama satu jam.

2. Kebersihan sprei

Menurut survei yang dilakukan oleh National Sleep Foundation, sekitar 75% orang mengakui bahwa kualitas tidur mereka lebih baik ketika seprei dalam keadaan bersih. Ganti dan cuci sprei setiap seminggu sekali dengan air hangat, kemudian taburkan baking soda di kasur, diamkan beberapa jam, setelah itu baru dibersihkan dengan vacum cleaner.

3. Camilan sebelum tidur

Camilan terbaik menjelang tidur adalah makanan yang memiliki kandungan triptofan seperti buah pisang, semua jenis kacang-kacangan, ikan, telur (Putih telur), yogurt, kuaci, wijen dan susu hangat. Didalam susu terdapat kandungan triptofan yang bisa diubah menjadi serotonin, sedangkan kandungan kalsium dan magnesium akan membuat tubuh lebih tenang.

4. Matikan Elektronik dan Gadget sebelum tidur

Hindari semua jenis gadget sebelum tidur, baik itu ponsel, komputer, tab, ataupun TV sejam sebelum tidur kecuali AC dan kipas angin. Karena cahaya dan radiasi dari gadget akan mengganggu dan menekan hormon tidur. Selain itu juga mengganggu kelelapan tidur.
Jadi tunggu apalagi segera mulai kebiasaan ini dari sekarang, selamat mencoba.

Sumber :
http://health.kompas.com/

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Tinggi Badan di Pagi hari dan di Malam hari

Hal Yang Mempengaruhi Absorpsi Kalsium

UPDATE HARGA TERBARU