MENINGKATKAN PENYERAPAN KALSIUM



Kalsium merupakan hal penting dalam proses pertumbuhan tubuh. Semua orang membutuhkan mineral kalsium dari anak-anak sampai usia lanjut.
Ibu Hamil dan menyusui juga sangat membutuhkan asupan Kalsium. Namun banyak orang mengeluhkan sudah minum suplemen kalsium tetapi hasilnya tidak maksimal. Pada artikel ini akan memaparkan beberapa tips untuk memaksimalkan penyerapan kalsium bagi tubuh kita, berikut tips meningkatkan penyerapan kalsium :


Vitamin C

Dengan mengkonsumsi vitamin C pada saat yang sama ketika meminum suplemen kalsium, seperti buah jeruk atau nenas karena memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Ini akan membantu tubuh dalam menyerap KALSIUM secara optimal.




ASAM AMINO LYSINE.

Asam amino lysine diperlukan dalam penyerapan kalsium yang terkandung pada telur, ikan, kacang lima dan produk kedelai. Biasakan mengkonsumsi makanan tersebut secara teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal dalam proses penyerapan kalsium kita.



Berjemur di Pagi Hari.

Sediakan waktu anda untuk berjemur sinar matahari di pagi hari sekitar 15 menit seminggu tiga kali tanpa menggunakan tabir surya.Cahaya matahari antara jam 7 pagi sampai dengan 9 pagi baik untuk proses penyerapan kalsium karena mengandung vitamin D. Hindari berjemur sinar matahari pada pukul 10 pagi sampai dengan jam 2 karena berbahaya untuk kesehatan kulit.


Membagi dosisi minum kalsium.

Tubuh akan lebih efektif untuk menyerap kalsium jika mengkonsumsinya dalam jumlah kecil yang diminum beberapa kali sehari dibandingkan langsung meminumnya dalam dosis besar sekaligus. Jadi jangan memberikan dosis langsung secara besar



Kombinasi Magnesium

Kombinasi suplemen kalsium dengan magnesium dengan ratio 2:1, dua bagian untuk kalsium dan satu bagian magnesium. Dengan kata lain, mengkonsumsi magnesium dapat membantu penyerapan kalsium.






Hindari konsumsi Zat Besi dengan Kalsium secara bersamaan.

Mengkonsumsi zat besi berbarengan dengan kalsium akan mengurangi efisiensi dan manfaat kedua mineral tersebut.







Jangan memberikan dosis ZINC terlalu besar.

Dalam jumlah besar, zinc dapat mengganggu proses penyerapan kalsium.






Hindari Minuman Soft Drink

Pada soft drink mengandung fosfor dalam jumlah tinggi yang dapat menyebabkan tubuh kehilangan kalsium. Asupan fosfor terlalu tinggi dapat menyebabkan ekskresi kalsium melalui urin.



Hindari produk hewani dari diet sehari-hari.

Asupan protein hewani yang tinggi dapat menyebabkan peningkatan jumlah kalsium yang dibuang oleh tubuh melalui urin. Selain itu, asupan natrium yang tinggi juga dapat menyebabkan tubuh kehilangan kalsium.






Jauhi  Junk Food, Alkohol, Kafein dan Tepung Putih.

Makanan dan minuman tersebut dapat mengakibatkan hilangnya kalsium dari tubuh kita dan menurunkan tingkat penyerapan kalsium didalam tubuh kita.






Batasi konsumsi Asam Oksalat

Mengkonsumsi asam oksalat terlalu banyak dapat mengganggu penyerapan kalsium. Makanan yang mengandung asam oksalat seperti kacang almond, bit hijau, kacang mete, chard, kale dan bayam.






Aktivitas Penarikan Tulang dan Olahraga

Tulang yang sedang tumbuh akan merespon dengan baik apabila melakukan olahraga dan bantuan alat penarikan tulang dengan cara yang benar. Pada olahraga, dorongan dan tekanan pada otot dapat membantu proses penyerapan kalsium juga berdampak pada pertumbuhan tulang yang kuat dan padat.


Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Tinggi Badan di Pagi hari dan di Malam hari

Hal Yang Mempengaruhi Absorpsi Kalsium

UPDATE HARGA TERBARU