Mana yang Bantu Turunkan Berat Badan? Minum Air Putih Hangat atau Dingin?



Salah satu manfaat sehat air putih adalah bisa membantu menurunkan berat badan dengan cara memangkas lemak. Namun beberapa informasi menyebutkan kondisi air putih yang diminum turut memberi manfaat. Nah, mana sebenarnya yang lebih berpengaruh terhadap tubuh. air putih hangat atau dingin?

"Meminum cukup air putih, baik dingin maupun hangat, akan membantu penurunan berat badan long-term. Walaupun sebenarnya air dingin lebih memberikan efek positif terhadap berat badan karena untuk menyamakan suhu air di dalam lambung kita akan membakar kalori lebih banyak tapi efeknya sangat kecil," ujar Leona Victoria Djajadi, BSc, MND, kepada detikHealth dan ditulis pada Rabu (7/5/2014).

Jika Anda hobi mengonsumsi makanan olahan dan makanan asin, minum 8-10 gelas air putih per hari akan membantu mengurangi berat badan Anda. Sebab, air putih diketahui bisa membantu menurunkan indeks massa tubuh (IMT). Minum cukup air per hari juga memastikan Anda lebih cepat kenyang dan makan lebih sedikit. 

Oleh karena itu, untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan, tak ada salahnya untuk lebih banyak mengonsumsi air putih dalam suhu dingin agar kalori yang terbakar juga sedikit lebih banyak. 

Yang pasti, manfaat maksimal air untuk menurunkan berat badan hanya dapat diperoleh jika Anda mengonsumsinya tanpa bahan tambahan lain secara berlebihan. Misalnya jika Anda lebih memilih minum minuman manis dengan suhu dingin, maka meskipun suhunya dingin tapi tidak akan membantu proses pembakaran kalori. Hal ini disebabkan oleh tingginya kadar gula atau pemanis yang digunakan. 

Jika memang air putih dirasa membosankan, Anda bisa menambahkan cita rasa alami lain dari irisan atau tetesan buah segar seperti lemon, mentimun, atau jeruk nipis. Anda juga bisa menambahkan jahe atau daun mint.

Sumber : detik.com (diunduh 08/05/14 pkl 13.55 wib)

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Tinggi Badan di Pagi hari dan di Malam hari

Hal Yang Mempengaruhi Absorpsi Kalsium

UPDATE HARGA TERBARU