Hindari Mengkonsumsi 5 Makanan Ini Sebelum Tidur


Lapar sesaat sebelum pergi tidur itu wajar. Pasti kita pernah merasakannya. Inilah yang mendorong kita ke dapur atau membuka kulkas untuk mencari ganjalan perut untuk menghilangkan rasa lapar. Awas! Tidak semua makanan yang selama ini kita konsumsi sebelum tidur sehat lo. Beberapanya selain dapat menaikan berat badan juga dapat menggangu tidur nyenyak kita. Apalagi yang sedang dalam program menurunkan berat badan, makan makanan berat sudah pasti harus dihindari. Berikut adalah makanan yang seharusnya Anda hindari untuk dikonsumsi sebelum tidur:


Es Krim
Untuk menghindari konsumsi makanan berat sebagian dari kita berpikir lebih baik memakan es krim karena rasanya yang nikmat dan mudah untuk dihidangkan. Tetapi sebaiknya kita tidak memakan es krim sebelum tidur karena cemilan ini memiliki kandungan lemak yang lambat dicerna tubuh dan mengandung banyak gula yang pasti akan membuat Anda tetap terjaga.


Daging Merah
Alasan untuk menghindari daging merah adalah dalam makanan ini terdapat kandungan protein dan lemak yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna apabila dibandingkan dengan makanan lain, hal itu akan membuat tubuh Anda sibuk mencerna makanan sepanjang malam dan dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada lambung, bahkan kram sehingga anda tidak bisa tidur dengan nyenyak.


Pizza
Pizza mengandung terlalu banyak kalori untuk dikonsumsi tepat sebelum tidur. Lapisan saus tomat yang ada juga memiliki tingkat keasaman yang tinggi, yang dapat menyebabkan refluks asam, dan topping berminyak sangat mungkin untuk membangkitkan mulas. Tentu saja Anda sebaiknya menghindari pizza bila tidak ingin bangun di tengah malam.


Cokelat
Cokelat tidak hanya memiliki kandungan gula saja yang lebih tinggi tetapi juga lemak yang tinggi dibanding camilan lainnya. Ternyata makanan yang hampir disukai oleh semua anak kecil ini  juga mengandung kafein yang dapat membuat kita sulit tidur. Selain itu didalam cokelat juga terkandung theobromine yang dikenal dapat membuat jantung anda berdetak lebih kencang. Akibatnya, cokelat dapat membuat Anda bangun di malam hari dan menyebabkan kurang tidur.


Akohol
Banyak kesalahpahaman umum yang menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi alkohol akan membuat tidur Anda lebih lama dan pulas. Memang benar alkohol cenderung dapat membuat Anda cepat mengantuk tetapi tidur yang Anda dapatkan bukanlah tidur yang nyenyak karena minuman ini dapat menyebabkan dehidrasi dan mengganggu fungsi restoratif tidur.

Sumber : tabloidnova.com (diunduh Selasa, 02/09/14 pkl.14.53)

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Tinggi Badan di Pagi hari dan di Malam hari

Hal Yang Mempengaruhi Absorpsi Kalsium

UPDATE HARGA TERBARU